Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Lebih Dalam Dam Widoro Trenggalek 1941

Warga kabupaten Trenggalek yang tinggal di kecamatan Gandusari pasti sering melihat dam Widoro karena terletak diperlintasan jalan yang menghubungkan desa Gandusari dan desa Widoro. Meskipun begitu jarang yang mengenal lebih dalam mengenai bangunan bersejarah ini.

Jujur admin mengetahuinya setelah melihat postingan di akun Facebook teman sejarah yang memang beliau suka mengoleksi foto-foto bangunan tua yang ada di Indonesia. Saya yang tinggal di Gandusari ke Dam Widoro hanya untuk mancing dan ngayap ikan ketika banjir datang.

Tidak pernah mengamati secara detail ini bangunan dibuat tahun berapa dan oleh siapa. Ternyata dibuat tahun 1941 oleh kontraktor asal Bandung. Kontraktor di sini belum diketahui secara pasti dari kaum pribumi maupun penjajah, kalau melihat tahunnya dibuat oleh Belanda dengan kerja paksa.

Mengerjakan proyek dam sebagai irigasi pertanian di Gandusari, pada saat itu pemerintah Belanda tidak main-main dalam membuatnya. Mereka tidak sembarangan membangun dam, melainkan menggunakan jasa ahli yang disebut kontraktor.

Makanya kalau melihat bagunan peninggalan Belanda kenapa begitu kokoh hingga sekarang? karena pengerjaannya bagus dan niatnya akan menetap selamanya di Indonesia. Ilmu bangunan di negeri kincir angin tersebut jauh lebih maju dari negara-negara lain di daratan Eropa.

Berikut ini kumpulan foto-foto Dam Widoro, Gandusari - Trenggalek

Dam Widoro, Gandusari - Trenggalek
Dam Widoro, Gandusari - Trenggalek
 
Dam Widoro buatan kontraktor Bandung
 Dam Widoro buatan kontraktor Bandung
 
Dam Widoro dibangun oleh pemerintahan Belanda pada tahun 1941 

Dam Widoro merupakan salah satu bangunan tua yang ada di Indonesia 

 
Dam Widoro dibuat oleh Belanda untuk irigasi pertanian

Post a Comment for "Mengenal Lebih Dalam Dam Widoro Trenggalek 1941"