Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BABE News Pencuri Artikel, Blogger Wajib Waspada


Indoamaterasu.com adalah blog pribadi milik Saya sendiri sehingga tetap bisa menulis artikel di sini. Betapa kagetnya ketika mendapati semua artikel masuk di BABE News dan mereka membuat semacam profil yang menampilkan Following dan Followers seperti pada gambar di atas.

Lalu siapa yang untung dengan hal ini? tentu BABE News. Saya pribadi tidak dapat apa-apa. Ketika artikel tersebut tampil di BABE News maka tidak ada link yang redirect ke blog utama/ blog sumber.

Mereka menampilkan artikel secara penuh di aplikasi BABE News. Saya lihat ada blog-blog besar lainnya yang juga dicatut oleh BABE News. Sepertinya mereka tidak mempunyai sumber dana yang cukup untuk membayar content writer, sebagai gantinya menampilkan artikel milik orang lain.

Saking geramnya Saya menelusuri contact yang bisa dihubungi untuk berbicara dengan BABE News. Saya bertanya langsung di Google Play Store dan mengirimkan email ke feedback@babe.co.id.

Tampilan BABE News versi dekstop, biasanya tampil dalam versi aplikasi Android

Berikut ini adalah jawaban BABE News mengenai pencurian konten tersebut. Intinya mereka menginginkan Saya memberikan informasi resmi tentang pemilik konten tersebut. Tidak perlu Saya jelaskan panjang lebar kalau mau membaca artikel ini mestinya tahu kalau Saya benar-benar pemiliknya.


Mereka menyuruh mengirimkan materi pendukung bukti kepemilikan ke copyright@helo.com, padahal itu kan emailnya sendiri. Kalau terus begini bisa-bisa Saya laporkan ke Google saja biar di takedwon langsung.

Kesimpulan yang di dapat dari kasus ini adalah bahwa BABE News merupakan portal berita yang artikelnya diambil dari blog-blog orang lain. Mereka menggunakan feed dari masing-masing blog untuk tetap menerima update artikel.

Saya tidak tahu secara pasti apakah artikel yang dicatut dalam portal beritanya sudah mendapatkan izin pemilik resminya atau langsung catut saja.

Post a Comment for "BABE News Pencuri Artikel, Blogger Wajib Waspada"