Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tiket Pantai Pasir Putih Prigi Telalu Mahal? Pantesan Sepi


Sebagai warga Trenggalek, Saya ikut prihatin dengan sepinya wisata pantai Pasir Putih Prigi. Dari hari-kehari bukannya tambah ramai malah sepi. Berbeda dengan 5 tahun sebelumnya yang selalu dipenuhi wisatawan dari luar Trenggalek seperti Kediri, Blitar, Malang, dan Ponorogo.

Namun sejak Tulungagung membuka wisata Pantai Gemah, para wisatawan lebih memilih berkunjung ke sana daripada ke pantai Pasir Putih Prigi. Belum lagi indahnya pantai di pesisir selatan kabupaten Pacitan yang menghipnotis warga Ponorogo dan Madiun untuk berkunjung ke sana.

Kalau dibiarin terus-menerus maka dipastikan pantai Pasir Putih Prigi jadi sepi dan pendapatan dari sektor wisata juga turun. Seharusnya dinas pariwisata Trenggalek berbenah, bukannya malah menaikkan harga tiket masuk pantai Pasir Putih Prigi.

Lama tak berkunjung ke pantai Pasir Putih Prigi, Saya dibuat kaget dengan mahalnya tiket masuk. Perorang dikenakan biaya 15 ribu, harga yang cukup mahal dibanding kompetitor yang mematok tiket 4 ribu di pantai Gemah.

Seharusnya 15 ribu itu untuk 2 tujuan tempat wisata yaitu pantai Pasir Putih Prigi dan pantai Simbaronce atau pantai Mutiara. Soalnya ketika petugas loket menanyakan tujuan mau kemana? maka tiket tersebut hanya untuk 1 tempat wisata.

Mahalnya tiket berlaku untuk semua pantai yang ada di kecamatan Watulimo, seperti pantai Cengkrong dan Prigi 360. Saya sebagai warga Trenggalek ikut sedih, yang dulunya ramai sekarang jadi sepi.

Boleh menaikkan tiket masuk tapi harus dibarengi dengan pemugaran atau pemeliharaan wisata pantai. Sekarang wisatawan yang berkunjung ke pantai Pasir Putih Prigi tidak bisa berenang seperti dulu, karena banyaknya perahu-perahu kecil yang mengangkut para wisatawan.

Perahu tersebut dimiliki oleh beberapa orang yang bertujuan untuk mencari penghasilan dari para wisatawan. Sebaiknya diatur dan dikelola dengan baik, jangan sampai perahu memenuhi bibir pantai Pasir Putih Prigi yang mengganggu kenyamanan wisatawan.

Tiket masuk juga dikelola dengan baik seperti yang ada di Batu Malang. Sediakan beberapa tiket melalui 1 pintu masuk, namun ada beberapa paket wisata di dalamnya. Seperti pantai Pasir Putih Prigi dan Prigi 360.

Dengan begitu para wisatawan cukup membeli tiket sekali namun bisa menikmati beberapa pantai yang ada di kecamatan Watulimo.

Ayo... Prigi! Segeralah berbenah :)