Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ritual Bakar Kayu Depan Rumah, Upaya Tolak Balak


Kepercayaan itu memang unik setidaknya itulah yang menggambarkan warga desa Ngrayung kecamatan Gandusari kabupaten Trenggalek. Menjelang magrib, warga pada membakar kayu di depan rumahnya sebagai tolak balak datangnya penyakit.

Entah siapa yang memulai pasti ada yang menggerakkan, biasanya yang dianggap berpengaruh di daerah tersebut. Percaya atau tidak ternyata di zaman modern seperti ini masih ada yang melakukan ritual bakar kayu di depan rumah.

Ritual ini terakhir admin lihat tahun 2011 yang lalu di kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Dimana ada sebagian warga membakar batu untuk mendatangkan turunnya air hujan. Namanya juga kepercayaan, bagi yang meyakini hal tersebut dianggap benar.

Ritual bakar kayu yang dilakukan ini katanya untuk mengusir penyakit guna-guna karena sebelumnya di kampung tersebut ada beberapa warga yang meninggal dunia akibat Covid 19.

Protokol kesehatan yang lengah membuat warga banyak yang terpapar Covid 19. Bahkan ketika mendengar ada yang terkena Covid 19, masih ada yang menganggap hal itu dibuat-buat atau diguna-guna. Padahal yang dilawan virus, bukan setan atau jin.

Kejadian tersebut tepatnya terjadi di gang timur Watulumbung, dan di Watululumbungnya juga ada yang melakukan ritual bakar-bakar kayu. Bagaimana menurut Anda?

Post a Comment for "Ritual Bakar Kayu Depan Rumah, Upaya Tolak Balak"