Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Windows 11 Rasa GNOME Linux


Windows 11 kini secara resmi telah rilis untuk publik dan Admin sendiri menyempatkan untuk mencoba Windows 11. Setelah download master installasi kemudian install di desktop komputer yang ada di rumah. Pengalaman menggunakan Windows seri terakhir ini sungguh luar biasa karena 80% berbeda dari Windows 10.

Yang berbeda hanya tampilannya saja, namun secara fungsi sama. Kini tombol start Windows yang ada dikiri dekstop dan list menunya bakal tidak dijumpai di Windows 11, karena dipusatkan di tengah dekstop.

Bagi yang pernah menggunakan Linux dengan Dekstop Environment (DE) GNOME pasti menyimpulkan bahwa tampilan Windows 11 ini mirip GNOME. Cirinya mengandalkan pencarian cepat tanpa membuka list menu.

Cukup dengan mengetikkan keyword program yang akan dijalankan maka deretan aplikasi program akan muncul. Jujur Admin suka dengan Windows 11 ini, karena membuka aplikasi begitu cepat.


Gambar di atas adalah tampilan dekstop Windows 11 dengan menu berpusat ditengah. Sayangnya ukuran icon yang ada di bar Windows 11 tidak bisa dikecilkan. Yang bisa dikecilkan icon pada dekstop saja. Mungkin kedepannya bakal mendapatkan update lagi sehingga lebih smooth icon di bagian bar.

Deretan aplikasi program pada Windows 11

Ingin membuka Control Panel cukup dengan mengetik keyword "Control Panel"

Dan ini adalah tampilan jendela Windows settings di Windows 11. Warna background akan berubah dengan sendirinya menyesuaikan warna dekstop yang dominan. Misalnya pakai wallpaper hitam, maka tampilan di jendela Windows juga hitam, dan begitu juga sebaliknya.

Demikianlah informasi singkat mengenai tampilan Windows 11. Butuh beberapa menit untuk beralih dari Windows 10 ke 11 karena perubahan tata letak menu dan tampilannya. Kalau Admin jujur masih suka Windows 10 karena khas banget, yang sekarang mirip GNOME pada Linux. Bagimana menurut Anda?


Post a Comment for "Windows 11 Rasa GNOME Linux"