Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengumuman Mengejutkan Tutupnya Alexa


Alexa adalah tool untuk mengukur peringkat sebuah website. Cara kerjanya dengan mendaftarkan domain di Alexa maka peringkatnya dapat dilacak.

Semakin ramping jumlah angka peringkatnya menandakan bahwa itu bagus, mampu bersaing dengan website lain. Semakin buruk peringkatnya, berarti kualitas konten kurang berkualitas sehingga kala berkompetisi di mesin pencari.

Admin sendiri telah menggunakan tool ini sejak tahun 2014 yang lalu ketika versi gratisannya masih ada. Sejak dihilangkannya versi gratisan, enggan menggunakannya lagi. Dan beberapa blogger juga enggan menggunakannya karena harus berbayar.

Ada beberapa alasan kenapa membernya wajib bayar, yaitu untuk mempertahankan Alexa itu sendiri.  Tool ini sangat bagus versi premiumnya karena terdapat fitur untuk mengecek kata kunci (keyword) yang popular.

Lama tidak membuka Alexa, akhirnya pada tanggal 1 Januari 2022 Admin membukanya. Iseng-iseng ingin mengecek peringkat beberapa website, eh yang didapatkan adalah notice penutupan layanan Alexa.

Intinya Alexa menutup layanannya mulai awal tahun 2022 ini dan semua blogger bisa beralih menggunakan tool lain untuk mengecek peringkat website. 

Alternatif lain tool untuk mengukur peringkat website selain Alexa adalah  SimilarWeb, silahkan buka kemudian cek.

Post a Comment for "Pengumuman Mengejutkan Tutupnya Alexa"