Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biaya Pembuatan SIM C Baru di Polres Trenggalek

Biaya pembuatan SIM C di seluruh Indonesia tarifnya sama, kalaupun ada yang berbeda biasanya di tes kesehatan dan psikologinya. Kali ini Admin akan membagikan pengalam membuat SIM C baru di Polres Trenggalek.

Bagi pembaca yang belum tahu mana itu Trenggalek berikut ini penjelasannya. Jadi Trenggalek adalah salah satu kabupaten yang ada di ujung selatan provinsi Jawa Timur. Tepatnya berbatasan langsung dengan kabupaten Tulungagung dan Ponorogo.

Ceritanya Admin lupa memperpanjang SIM C karena telat 11 bulan. SIM tersebut tersimpan aman di dalam dompet dan tidak pernah dikeluarkan kalau tidak ada pemeriksaan polisi. Pas kemarin zamannya pandemi Covid 19, yang diperiksa hanya pemakaian masker. Untuk SIM dan STNK jarang ditanyakan selama pandemi.

Namanya lupa berarti tidak ingat sama sekali, selama itu Admin tetap pede bepergian ke luar kota dengan menggunakan SIM mati. Setelah mengetahui kalau SIM C mati akhirnya panik hehe.

Telat melalukan perpanjangan SIM C selama 11 bulan, memaksa Admin membuat dari awal. Karena pengalaman itulah bisa membagikan biaya administrasi pembuatan SIM C di Polres Trenggalek. Persyaratan yang wajib dibawa adalah e-KTP asli dan tentunya uang biaya pembuatan SIM.


Proses Pembuatan SIM C di Polres Trenggalek

Langkah pertama silahkan foto kopi e-KTP di tempat foto kopi yang ada di Polres Trenggalek. Biaya foto kopi beserta map permohonan SIM C dikenakan biaya Rp. 5.000.000.

Setelah itu pergi tes kesehatan yang berada di depannya warung Malidi (kearah barat dari Polres), nanti Anda akan dicek kesehatan mata. Biaya tes kesehatan ini sebesar Rp. 30.000.

Kemudian lanjut tes psikologis ditempat yang sama dengan tes kesehatan. Anda akan diberi lembar soal dan lembar jawaban tes psiokologis. Kerjakan tesnya dan lihat hasilnya. Biaya tes psikologis ini sebesar Rp. 75.000.

Setelah semuanya beres pergi ke SATPAS yang ada di Polres Trenggalek. Serahkan berkas tersebut ke loket permohonan SIM baru. Selanjutnya tunggu gilirannya Anda dipanggil untuk mengikuti proses FOTO SIM C.


Lanjut... setelah itu mengikuti Uji Teori menggunakan sistem komputer. Kerjakan dengan serius dan dapatkan nilai 70 ke atas supaya lulus. Setelah dinyatakan lulus baru mengikuti Ujian Praktik.

Ujian praktik merupakan ujian tersulit untuk mendapatkan SIM C. Anda harus melewati jalur lurus, tikungan U, angka 8, dan zig zag.


Ujian praktik ini butuh ketenangan dan skill tinggi supaya lolos, untuk itu Anda harus mempersiapkan diri membuat simulasi di rumah. Mengenai jalurnya bisa dilihat melalui video ini.


Bila gagal dalam ujian praktik SIM C, Anda tetap diberi kesempatan mengulang kembali hingga lulus. Rentang waktunya 1 minggu, jadi bila minggu ini gagal maka minggu depan ujian lagi. Ketika mengulang cukup membawa foto kopi e-KTP yang diberikan oleh petugas SIM.


Biaya Pembuatan SIM C di Trenggalek

Di atas telah dijelaskan proses pembuatan SIM C baru di Polres Trenggalek, kalau dirangkum berikut ini detail biayanya.
1. Biaya parkir sepeda motor Rp. 2.000
2. Biaya foko kopi e-KTP & blanko permohonan SIM C Rp. 5.000
3. Biaya tes kesehatan mata Rp. 30.000
4. Biaya psikotes Rp. 75.000
5. Biaya SIM C baru Rp. 100.000
Total: Rp. 212.000

Demikianlah informasi biaya pembuatan SIM C yang dilakukan secara mandiri di Polres Trenggalek. Memang cukup sulit dan tentunya memakan waktu Anda, untuk itu usahakan selalu ingat kapan waktunya memperpanjang SIM C soalnya sekarang estimasinya tidak menggunakan tanggal lahir melainkan tanggal pembuatan SIM.

Semoga bermanfaat khususnya warga Trenggalek yang ingin membuat SIM C baru, jangan lupa bagikan artikel ini kepada yang membutuhkannya.

Post a Comment for "Biaya Pembuatan SIM C Baru di Polres Trenggalek"