Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Soal Ujian Teori SIM (Bagi Yang Ingin Buat SIM Tanpa Calo)


Surat Izin Mengemudi adalah bentuk legitimasi kompetensi pengemudi sesuai jenis dan golongan SIM yang dimilikinya setelah memenuhi persyaratan administrasi, usia, kesehatan jasmani maupun rohani, serta dinyatakan lulus melalui proses pengujian.

Setiap warga negara Indonesia, yang telah memenuhi persyaratan untuk mengemudi maka wajib mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM). Membuat SIM itu bukanlah perkara gampang karena ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh calon pemegang SIM.

Baca: Biaya Pembuatan SIM C Baru Tanpa Calo

Tahapan tersebut terdiri dari tes kesehatan jasmani dan rohani, ujian teori, dan ujian praktik. Diantara ketiga tes tersebut yang cukup sulit adalah ujian teori dan ujian praktik. Apalagi untuk ibu-ibu yang ingin mempunyai SIM, maka melihat soal-soal tentang lalu lintas pasti bingung.

Namun semua itu bisa dipersiapkan dari jauh-jauh hari dengan mempelajari soal ujian. Berikut ini Admin akan membagikan buku petunjuk Teori SIM yang mudah-mudahan bisa membantu Anda mempermudah mendapatkan SIM. Untuk ujian Praktik, tidak dibahas di sini namun bisa dilihat pada tayangan video berikut ini.


Buku petunjuk pengerjaan ujian teori SIM ini dikeluarkan langsung oleh Ditlantas Polda Jatim yang disosialisasikan kepada warga di seluruh Jawa Timur. Untuk provinsi lain kurang lebih ujian teorinya juga sama.

Informasi selengkapnya silahkan download Kumpulan Soal-Soal Ujian Teori SIM melalui link berikut ini. Download via GDrive