Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah PPPK Boleh Memakai Seragam Khaki?


Aturan yang ditetapkan untuk PNS dan PPPK ternyata terdapat beberapa perbedaan yang dirasa membuat jarak antara pegawai PNS dan PPPK khususnya guru. Salah satunya mengenai seragam wajib dimana PPPK memakai kemeja putih dan celana hitam untuk hari Senin sampai Rabu.

Sedangkan PNS memakai seragam khaki untuk hari Senin dan Selasa, kemudian pada hari rabu memakai kemeja putih dan bawahan hitam. Alhasil teman-teman guru yang terlanjur memiliki seragam khakis dianggurkan di almari.

Lha sama-sama ASN pemerintah, kenapa soal seragam saja dibedakan. Ungkapan ini sering diutarakan oleh teman-teman PPPK di seluruh Indonesia. Sepertinya untuk membuat jarak bahwa ini lo yang namanya PNS itu dan ini lo pegawai PPPK itu.

Bagi pengambil kebijakan mungkin mikirnya tidak apa-apa, tapi terkadang penilaian siswa terhadap guru PNS dan PPPK juga berbeda. Tanpa perlu dijelaskan, siswa juga tahu mana yang PNS dan PPPK berdasarkan seragam yang dipakai. Ironis kan?

Namun menurut Abi Ridwan salah satu petinggi BKN melalui cuitan di Twitternya, sebenarnya pegawai PPPK boleh memakai khaki dan korpri layaknya PNS. Namun apa yang beliau katakan memang belum tertulis pada aturan resminya mengenai seragam ASN PPPK yang boleh memakai khaki.

Meskipun begitu ada beberapa sekolah yang mengadakan penyesuaian sendiri dengan memakai seragam khaki dengan harapan tidak ada perbedaan antara PNS dan PPPK.

Berikut ini cuitan Abi Ridwan mengenai beberapa pertanyaan tentang PPPK
Lima jawaban untuk segudang pertanyaan ASN P3K:
1. Tidak bisa mutasi
2. Tidak ada sistem kenaikan kelas/pangkat
3. Tidak dapat pensiun
4. Boleh pakai seragam khaki atau KORPRI (sesuai Peraturan Gub/Bupati/Walikota)
5. Memiliki aturan disiplin dan kinerja yang sama dengan PNS.