Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisruh Pembayaran Tunjangan Profesi Guru TW 2 ASN PPPK


Pembayaran tunjangan profesi guru atau yang disingkat TPG seharusnya diberikan setiap 3 bulan sekali (triwulan). Yang sudah dibayarkan melalui Pusat Layanan Biaya Pendidikan (Puslapdik) untuk guru honorer bersertifikasi di sekolah negeri adalah Triwulan 1 (TW 1), sedangkan untuk Triwulan 2 (TW) belum sepenuhnya dibayarkan padahal SKTP TW 3 dan TW 4 sudah terbit.

Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) terbit setiap 1 semester atau 6 bulan sekali. Jadi selama 1 tahun ada 2 kali SKTP di Info GTK. Guru honorer bersertifikasi sebagian besar telah menjadi ASN PPPK pada seleksi 2021 kemarin, namun terjadi kisruh tentang pembayaran TPG TW 2.

Sebelum menjadi ASN, tunjangan profesi guru dibayarkan langsung oleh pusat melalui Puslapdik namun ketika diangkat menjadi ASN diambil oleh Pemprov atau Pemkab sesuai jenjang masing-masing. Yang berada di naungan Pemprov adalah guru SMA/ SMK dan SLB.

Khusus untuk Pemprov Jawa Timur diganti menggunakan rekening Bank Jatim sebagai perantara pembayarannya. Masalahnya untuk ASN PPPK Tahap I yang menerima SK bulan Mei tunjangan profesi yang dibayarkan hanya bulan Juli (1bulan) yang besarnya sesuai gaji pokok.

Pertanyaannya adalah yang bulan Mei kemana? seharusnya sama-sama dibayarkan melalui Bank Jatim. Terus TW 2 sebelum diangkat juga belum dibayarkan untuk bulan April. Seharusnya tetap disalurkan melalui rekening yang telah ada di Info GTK.

Dikutip dari sumber terpercaya, alasan kenapa cuma dibayarkan hanya 1 bulan karena semua PPPK dilakukan update data ketika bulan Juni atau setelahnya terbaca bulan Juni saja. Sedangkan bulan sebelumnya tidak muncul di aplikasi Simbar Jatim.

Khusus bulan Mei bagi ASN PPPK Seleksi Tahap I nantinya dibayarkan oleh Puslapdik. Mari berdoa untuk 2 bulan yang belum dibayarkan segera dibayarkan oleh Puslapdik. Mengenai besaran untuk bulan April dan Mei mungkin berbeda dimana sebelum diangkat menjadi ASN sebesar Rp. 1.500.000 sedangkan ketika sudah diangkat sebesar Rp. 2.751.725.