Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Trenggalek Banjir Bandang 18 Oktober 2022, Paling Parah Sepanjang Masa



Hujan yang turun semalaman hingga pagi sampai siang hari membuat kota Trenggalek terendam banjir. Hal tersebut terjadi pada 18 Oktober 2022 di pusat kota Trenggalek seperti Kelutan, Ngasinan, Ngantru, Tamanan, dan Ngares.

Menurut para penduduk yang terdampak banjir, kali ini merupakan yang terparah sepanjang masa bila dibandingkan tahun 2006 dan 1997 yang lalu. Banjir paling parah berada di selatan jembatan ngasinan karena beberapa rumah hanya kelihatan gentingnya saja.

Bukan hanya di pusat kota Trenggalek saja, pada siang hingga sore hari air mengalir ke timur membanjiri Ngadirenggo, Gembleb, dan beberapa desa di kecamatan Pogalan. Trenggalek bagian selatan juga banjir terutama di desa Ngrayung, kecamatan Gandusari.

Banjir ini terus berlanjut hingga Kedunglurah dan beberapa desa di kecamatan Durenan. Pada esok harinya di perempatan lampu merah Durenan ke selatan sampai kecamatan Bandung Tulungagung juga banjir.

Di daerah pegunungan seperti Munjungan, Bendungan, Suruh, Dongko, dan Pule juga longsor. Beberapa rumah penduduk hancur terkena longsor. Penyebab banjir dan longsor adalah curah hujan yang tinggi di semua kecamatan yang ada di Trenggalek.

Selain Trenggalek, kota/ kabupaten yang ada di pesisir Jawa Timur seperti Tulungagung, Blitar, dan Malang.

Saking parahnya dampak banjir, kegiatan belajar dan mengajar di sekolah diliburkan selama 2 hari karena hari pertama akses jalan tidak bisa dilewati dan hari kedua dampak banjir.

Berikut ini adalah video banjir yang ada di Trenggalek pada tanggal 18 Oktober 2022.

Video ke-1
Video ke-2