Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Penyintas dan Aplikasi Penggunaannya



Apakah Anda sering mendengar kata penyintas namun belum tahu artinya? berarti Anda tidak sendiri karena di luar sana juga masih ada yang belum paham.

Kata penyintas biasanya diaplikasikan kepada mereka dengan status pernah terkena sesuatu misalnya penyintas narkoba, penyintas Covid 19, penyintas kekerasan seksual, dan lain sebagainya.

Dari contoh tersebut dapat disimpulkan bahwa penyintas artinya pernah terkena sesuatu atau bisa disebut mantan. Seseorang terkena Covid 19 misalnya namun sudah sembuh bisa dikatakan penyintas.

Syarat mereka berhak menggunakan kata penyintas kalau berhasil melalui masalah tersebut, kalau tidak berhasil disebut korban. Makanya bila ada kalimat "Ada pertemuan antara penyintas narkoba" artinya ada pertemuan antara sesama bekas pemakai narkoba.

Demikianlah informasi mengenai pengertian penyintas, arti penyintas, dan aplikasi penggunaan kata tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita tentang kosakata bahasa Indonesia.