Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Setelah Pemakaian 6 Tahun Akhirnya Honda CB150R Ganti Aki

Aki (Accu) Honda CB150R bisa dikatakan awet karena mampu bertahan hingga pemakaian 6 tahun, menginjak tahun ketujuh sudah muncul ciri-ciri aki mulai tekor (habis) seperti sulit di starter saat mesin dingin, bunyi bel semakin lirih, dan lain sebagainya.

Aki bawaan Honda CB150R adalah GS SEALED MF GTZ6V, adapula yang menggunakan YUASA YTZ6V. Jadi tergantung motor Anda mendapatkan aki yang mana karena keduanya sama-sama bagus.

Sebenarnya hampir tertarik menggunakan aki merek lain dengan Ampere yang lebih besar namun tegangan sama-sama 6 Volt, namun ternyata tidak direkomendasikan karena memperberat kerja koil saat melakukan pengisian aki.

Jadi jangan menganggap kalau ampere lebih besar pengapiannya bagus, justru malah merusak part lain. Mendingan pakai aki bawaan motor saja karena terbukti awet pemakaian hingga 6 tahun.


Pergantian aki Honda CB150R ini juga dibarengi pergantian busi. Saya mengganti busi standar ketika menginjak 1000 km dengan NGK Iridium. Pihak NGK merekomendasikan mengganti tipe iridium setiap 50.000 km. Karena telah mencapai batas yang telah ditentukan, ketika ganti aki membeli juga busi NGK Iridium.

Untuk aki ke-2 ini, admin memilih YUASA YTZ6V dengan harga 240 ribu rupiah, kalau online ada yang jual harga 230 ribu rupiah. Pilihan lain bisa menggunakan GS SEALED MF GTZ6V atau dari HONDA yang telah mengeluarkan aki dari rebranding kedua merek tersebut.


Setelah ganti aki, ketika di starter langsung greeeeng! eits... pengaturan jam pada spedo meter mulai 0 lagi dan harus disetel ulang. Kalau indikator KM tetap, yang berubah hanya jam saja.